Ulangan Harian 1

Tania Angelina Prameswari

Kamis, 05 Februari 2017


MAIN-STAGE

Jaz Kasmaran dengan Budaya dan Musik Indonesia

Rabu, 02 Ags 2017 15:08 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Jaz Kasmaran dengan Budaya dan Musik IndonesiaJaz saat berkunjung ke kantor detikHOT. Foto: Asep Syaifullah
Advertisement
Jakarta - Merantau dari Brunei Darussalam ke Indonesia, Jaz mengakui dirinya memang sempat merasa rindu akan kampung halamannya. Tapi kini, ia betah berkarier di Indonesia.

Kepada detikHOT, Jaz mengungkapkan ada beberapa hal yang menurutnya cukup sulit untuk dihadapi ketika pertama kali pindah ke Indonesia, khususnya Jakarta.

"Awalnya sih Jaz emang bolak-balik. Tahun 2012 itu dua bulan, tiga bulan di Indonesia pulang lagi. Homesick sih iya, harus adaptasi juga. Satu bahasa, kedua kemacetan di Jakarta. Sedangkan di Brunei itu nggak ada kemacetan sama sekali." kisahnya. 



Akan tetapi, cobaan-cobaan tersebut yang malah membuatnya betah untuk bermusik di Indonesia. Menurutnya, saat ini ia telah berhasil keluar dari zona nyaman. 


"Kalau di sini tuh gue keluar dari zona nyaman. Kalau di Brunei gue tuh serba mudah. Mungkin karena gue emang Bruneian, jadi mau ke mana-mana, mau makan apa, ada papa mama," katanya. 

Sedangkan, banyak hal yang ia pelajari ketika tinggal di Indonesia. Baik itu belajar kehidupan, maupun belajar tentang dunia musik yang memang perlu ia pelajari demi kariernya. 

"Di sini gue belajar. Banyak yang gue pelajari, entah itu musik, culture, gue cinta sama Indonesia sih," ungkapnya. 

Mantap Berkarier di Indonesia 

Kini, atas apa yang telah dijalani dan diraihnya di industri musik Tanah Air, Jaz mengaku ingin terus dapat berkarir di Indonesia. 

Jaz Kasmaran dengan Budaya dan Musik IndonesiaJaz saat berkunjung ke kantor detikHOT. Foto: Asep Syaifullah


Ketika ditanya adakah keinginannya untuk berkarier di negera lain, ia menjawab, "Nggak sih. Emang pengen di Indonesia." 

Baginya, Indonesia adalah tempat dimana ia berproses. Setelah beberapa tahun tinggal di sini, Jaz juga telah makin dapat beradaptasi. 

"Di sini betah, udah hampir 6 atau 5 tahun di sini," ungkapnya. 
(srs/dar)
                  
                Sumber :





               
Pendapat : 
   Menurut saya Jaz adalah penyanyi yang hebat, dia merantu dari Brunei Darussalam ke Indonesia untuk menjadi orang sukses, sebenarnya Jaz sangat merasa tidak nyaman setelah keluar dari pulau. Dan akhirnya Jaz menciptakan beberapa lagu terkenal yang membuat dirinya benar benar sukses, dan lagunya laris di kenal banyak orang

   Jaz memang orang yang hebat dia bisa beradaptasi dengan cepat walau pun itu sulit, pertama karena dia dari Brunei Darussalam dia harus menyesuaikannya dengan menggunakan bahasa Indonesia, kedua dia harus terbiasa dengan kemacetan yang biasa terjadi di Jakarta.

    Mau jadi orang sukses susah yaa ?
ya memang susah karena kita harus berusaha dan berjuang untuk menjadi orang sukses kita harus pintar mencari ide-ide, kita juga mungkin harus merantau seperi Jaz, untuk menjadi sukses, dia berusaha untuk mengover lagu-lagu yang mungkin menarik di kalangan anak-anak remaja.

    Kita mendapatkan banyak pelajaran hidup dari
Semoga Jaz menjadi inspirasi untuk kita semua, dan semoga Jaz menjadi penyanyi yang lebih terkenal, dan dikenal dengan baik oleh masyarakat Indonesia, kalau bisa kita membuat cover, dengan menggunakan lagu-lagu Jaz, untuk mendukung Jaz supaya menjadi lebih terkenal di indonesia


Terimakasih Yaaa, selamat mencoba! :V                
            

Komentar